Cara Tony Stark aka Iron Man Memengaruhi Cerita di MCU (Part 2)

 

Tony Stark masih menjadi tokoh yang layak diperbincangkan meski ia sudah mati di Avegers: Endgame. Itu karena karakter yang diperankan Robert Downey Jr tersebut punya pengaruh besar terhadap jalan cerita Marcel Cinematic Universe (MCU), bahkan hingga sekarang.

Pada artikel sebelumnya dijelaskan beberapa peristiwa yang membuat Tony Stark memengaruhi kisah di MCU. Walaupun tampak sepele, namun, tanpa perbuatannya itu, kamu tak akan menyaksikan aksi-aksi spektakuler dari para anggota Avengers.

Nah, sama seperti artikel sebelumnya, kita akan melanjutkan bagaimana Tony Stark memengaruhi jalan cerita MCU, meskipun ia sudah lama mati. Oh iya, sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel.

6. Tony Stark memimpin penciptaan Vision

Pada serial WandaVision, kamu bisa melihat bagaimana karakter synthezoid ini punya peran penting bahkan menjadi tokoh utama di serial itu bersama Wanda. Coba bayangkan jika cerita Age of Ultron tidak ada, mungkin kamu tak akan melihat salah satu sosok superhero terkuat Avengers ini.

vision terbuat dari vibranium, dibuat oleh Ultron dengan bantuan Helen Cho, dan dihidupkan oleh artefak kuat yang dikenal sebagai The Mind Stone. Ia sebenarnya diperuntukan untuk menjadi tubuh yang sempurna bagi Ultron. Namun Avengers berhasil mengambil tubuh Vision yang saat itu masih belum hidup.

Tony Stark dan Bruce Banner kemudian melanjutkan untuk mengunggah sisa-sisa kode A.I. J.A.R.V.I.S. ke dalam tubuh Vision. Setelah kelahirannya, Vision menyatakan bahwa dia bukanlah Ultron atau J.A.R.V.I.S., tapi yang akan bertarung dengan Avengers untuk melindungi umat manusia.

7. Tony Stark menandatangani kesepakatan Sokovia

Tony Stark dan Steve Rogers bersama-sama mengubah jalannya sejarah MCU dalam Civil War ketika topik Kesepakatan Sokovia muncul. Beberapa pihak sangat menginginkan Avengers harus diawasi oleh PBB, dan Tony Stark bersalah karena menandatangani kesepakatan tersebut. Apa yang dilakukan itu membuatnya berselisih dengan Captain America.

Baca juga: 

Teori MCU: Ini yang Terjadi di Kehidupan Earth-838 MCU 

Perbedaan Jane Foster di Komik dan MCU yang Wajib Kamu Tahu 

3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

Dengan menandatangani Kesepakatan Sokovia, Tony membantu menciptakan keretakan di antara Avengers. Saat itu kelompok superhero tersebut terpecah menjadi dua kubu, kubu Tony yang terdiri dari Black Widow dan War Machine dan sisanya berada di kubu Steve Rogers.

8. Tony Stark Pernah Memecat Quentin Beck

Dalam Spider-Man: Far From Home, Peter melakukan perjalanan ke Eropa dengan kacamata Tony. Namun ternyata ada pihak lain yang menginginkan kacamata itu, siapa lagi kalau bukan Quentin Beck, yang menyebut dirinya Mysterio. Meski pernah mengaku sebagai tamu dari universe berbeda, kenyataannya, dia karyawan yang pernah dipecat oleh Tony Stark, dan dia bukan satu-satunya.

Tony memang sudah meninggal saat itu, tetapi pengaruhnya untuk menciptakan penjahat licik Mysterio sangatlah besar. Lebih lanjut, pertempuran berbasis ilusi untuk Eropa dimulai, hingga akhirnya Mysterio tewas di London.

9. Tony Stark membantu membuat mesin waktu

Di film Avengers: Endgame, dunia semakin sunyi. Penjahat perkasa Thanos telah melakukan Snap-nya dan memusnahkan setengah dari populasi alam semesta. Solusi satu-satunya untuk menyelesaikan masalah ini hanya dengan pergi ke masa lalu. Dan tentunya ini membutuhkan mesin waktu.

Bruce Banner adalah tokoh utama dalam menciptakan perangkat ajaib ini, dan setelah beberapa kegagalan, Tony Stark membantu menyempurnakan mesin agar siap digunakan. Tony bahkan mengambil bagian dalam misi untuk mengubah arah sejarah.

10. Tony Stark mengalahkan Thanos dengan snap

Tony Stark tidak bisa mencegah jentikan Thanos di Avengers: Infinity War dan begitu pula dengan Thor yang sangat dendam dengan Thanos. Tapi di akhir-akhir film Endgame, Tony Stark membuktikan dunia dan Steve Rogers salah (yang menganggap tak ada jalan untuk kembali). Tony berkorban melakukan snap dengan mengenakan Infinity Stones.

Setelah secara dramatis mengatakan "Dan aku... adalah Iron Man," Tony Stark menyelamatkan alam semesta dengan melakukan Snap-nya sendiri untuk menghancurkan Thanos dan memusnahkan pasukannya yang besar. Tony memberikan hidupnya dalam keberlangsungan kehidupan, dan itu sangat berharga. 

Baca juga: 

Cara Tony Stark aka Iron Man Memengaruhi Cerita di MCU (Part 1)

 


Posting Komentar

0 Komentar