10 Superhero Marvel yang Beragama Islam. Ada yang Pakai Cadar

 

Marvel Cinematic Unverse (MCU) secara perlahan memasukan unsur-unsur muslim ke dalam filmnya. Jika kalian perhatikan di hampir setiap serial dan film MCU fase keempat ada cameo yang mengenakan atribut Islam seperti hijab dan gamis.

Bahkan direncanakan ada serial khusus untuk karakter superhero Ms. Marvel, yang seperti kita ketahui ia adalah salah satu karakter muslim di dunia Marvel. Serial Ms. Marvel sendiri direncanakan tayang pada 8 Juni 2022 di layanan streaming Disney +.

Tapi tahukah kalian, superhero muslim di Marvel bukan hanya Ms. Marvel saja, setidaknya ada belasan superhero lain yang juga beragama Islam. Bahkan salah satu karakter yang memegang nama Black Widow yakni Monica Chang juga seorang muslim.

Nah, kali ini Penggemarvel.net akan merangkum sederet superhero muslim yang ada di dunia Marvel. Oh iya, sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel.

1. Ms. Marvel (Kamala Khan)



Ms. Marvel adalah superhero muslim paling terkenal di dunia Marvel. Apalagi ditambah memiliki serialnya sendiri. Ms. Marvel merupakan alter ego dari Kamala Khan, seorang remaja Pakistan-Amerika yang tinggal di New Jersey.

Di komik, Kamala adalah ras Inhumans. Kekuatan Kamala bisa mengubah ukuran bagian tubuh tertentu atau shapeshifting untuk menyerang lawan. Namun untuk serial ini, kekuatan kamala akan berubah menjadi construct cukup mirip dengan sosok Green Lantern dari semesta DC.

2. Excalibur (Dr. Faiza Hussain)

Selain menjadi salah satu superhero muslim, kekuatannya Faiza Hussain cukup unik, ia bisa membedah tubuh makhluk hidup hingga bagian terkecilnya dan menggabungkan kembali menjadi bentuk utuh. Hal ini membuat Excalibur nama hero Dr. Faiza Hussain sangat diandalkan di medan pertempuran.

Lahir dari pasangan Dr. Farida Hussain (ibu) dan Dr. Yusuf Hussain (ayah), Faiza hussain adalah seorang dokter yang bekerja di ruang gawat darurat rumah sakit London selama invasi dari bangsa Skrull. Awalnya ia tak memiliki kekuatan. Namun suatu insiden terjadi dan membuatnya memiliki keuatan unik tersebut (Kalian bisa baca profil Excalibur - Dr. Faiza Hussain di sini)

3. Justice (Josiah al hajj Saddiq)



Di MCU tepatnya pada serial Falcon and Winter Soldier, ada karakter bernama Isiah Bradley yang menjadi Captain America ras kulit hitam pertama. Di dalam komik, karakter ini memiliki anak dari hasil eksperimen Hydra yang menggunakan DNA Isiah Bradley. Pada awalnya, Josiah al hajj Saddiq hanyalah seorang pembunuh bayaran.

Baca juga:

6 Karakter MCU Ini Ternyata LGBTQ di Komik

Eternals, Makhluk Abadi Buatan Celestial

Karakter Marvel yang Memiliki Healing Factor (Part 1)

Namun ketika mengenal Islam, semuanya berbeda. Ia bahkan menjadi menteri urusan Muslim di Amerika Serikat. Josiah juga menjadi superhero dengan alter ego Justice dan pernah bergabung dengan kelompok superhero lainnya seperti Black Panther yang dinamakan The Crew.

4. Red Dagger (Kareem)

Karakter ini adalah sahabat dari Kamala Khan. Red Dagger alias Kareem adalah remaja Pakistan. Ia kenal Kamala karena ibunya dan bibi dari pihak ibu Kamala Khan adalah satu sekolah. Ia juga sempat menumpang di rumah nenek Kamala di Karachi saat ia belajar untuk masuk universitas.

Namun, berbeda dengan Kamala yang punya kekuatan, kelebihan Kareem adalah mampu bela diri. Ia juga adapah penembak jitu layaknya Hawkeye.  Senjata andalah Red Dagger adalah pisau kecil yang bisa dilemparkan ke lawan.

5. Dust (Sooraya Qadir)


Dust atau Sooraya Qadir adalah seorang ras mutan yang berasal dari Afganistan. Hidup Sooraya sebelumnya kelam karena ketika kecil ia diculik dan dijual sebagai budak. Beruntung beberapa tahun setelahnya X-Men mengetahui keberadaan Sooraya dan menyelamatkannya dari perbudakan.

Soraya kemudian menjadi anggota X-Men. Kekuatannya cukup luar biasa. Ia mampu mengubah diri menjadi butiran pasir hingga menciptakan badai dengan elemet tersebut. Satu hal yang menarik, Dust mengenakan pakain berunsur Islam yakni cadar.

6. Black Widow (Monica Chang)


Black Widow bukan hanya Nathasha Romanoff. Karakter lain yang menggunakan identitas ini. Ada Monica Chang, superhero muslim berdarah Asia. Monica Chang adalah bagian dari S.H.I.E.L.D. Dari sana ia menjadi salah satu anggota Avengers A.I yang terdiri dari Hank Pym, Vision, Doombot dan Monica Chang sendiri.

Dia juga adalah mantan istri Nick Fury. Dari pernikahannya itu melahirkan seorang anak bernama Julius Chang. Sayangnya mereka bercerai setelah Monica Chang mengetahui bahwa Nick Fury berselingkuh dengan semua anggota keluarga dan teman wanitanya.

7. Arabian Knight (Abdul Qomar)



Arabian Knight versi Abdul Qomar adalah seorang seorang pedagang dari tanah Arab. Suatu ketika ia menemukan pedang ajaib dan karpet terbang milik nenek moyang di abad ketiga belas. Qamar memutuskan untuk meneruskan tradisi leluhurnya dengan memerangi kejahatan sebagai Arabian Knight.

Baca juga: 

Umar, Saudara Kembar Dormammu yang Kejam 

Asal Usul Mengapa Hulk Berwarna Hijau 

Mengenal Scarlett Witch, Penyihir yang Mampu Mengubah Realita

Pertarungan pertama yang ia lakukan adalah melawan dua iblis jahat Yajuj dan Majuj. Abdul Qomar juga sempat bertarung melawan Hulk di salah satu event. Sayangnya karakter ini telah mati oleh makhluk yang dikenal sebagai Humus Sapien.

8. Arabian Knight (Navid Hashim)

Setelah Abdul Qomar, sosok yang meneruskan identidas Arabian Knight adalah Navid Hashim. Ia adalah pemuda Palestina yang meninggalkan negaranya untuk dinas di pemerintahan Arab Saudi. Navid Hashim dipilih oleh benda peninggalan Abdul Qomar. Itu karena benda sakti yang Abdul Qomar miliki akan memilih sendiri tuannya.

Seperti Arabian Knight, Navid Hashim memiliki kekuatan yang didapat dari tiga menda yakni karpet ajaib, pedang dan selendang. Sabuk sihir bisa membuatnya lebih kuat. Kemudian pedangnya mampu menembakan energi laser yang cukup untuk membelah pelat baja setebal 3 inci.

9. Penance (Monet St. Croix)



Seperti Sooraya Qadir, Monet St. Croix juga seorang mutan beragama Islam. Ia lahir dari pasangan Cartier St. Croix dan Jamila St. Croix, keturunan Royalti Aljazair. Ia lahir di Sarajevo, Bosnia. Monet adalah anak kedua dari 4 bersaudara. Menariknya dari ketiga saudaranya ia adalah anak yang paling disayang olej ayahnya.

Monet St. Croix punya kekuatan yang cukup lengkap. Ia mampu terbang, membuat tubuhnya keras layaknya batu hingga kemampuan healing factor. Kemampuannya itu membuat Monet St. Croix masuk ke tim inti X-Men.

10. G.W Bridge

George Washington Bridge alias G.W. Bridge adalah anggota kelompok tentara bayaran yang disebut Wild Pack, yang kemudian dikenal sebagai Six Pack, yang dipimpin oleh Cable. Ia juga sempat memegang posisi tinggi di S.I.E.L.D seperti Nick Fury.

Ia sangat pintar dan mampu mengoperasikan berbagai teknologi canggih. Ia juga sangat lihat dalam pertarungan tangan kosong serta lihai menggunakan senjata. Kehebatan G.W Bridge bahkan membuatnya mampu membunuh Skrull sendirian.

LANJUT BACA:

3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

 

Posting Komentar

0 Komentar