6 Karakter Klon dari Peter Parker alias Spider-Man

Spider-Man

Spider-Man adalah salah satu karakter hero yang paling digemari di dunia Marvel. Kepopuleran dari karakter ciptaan Stan Lee ini bukan hanya di dalam komik saja melainkan juga di film (animasi atau live-action) dan video game.

Karakter Spiderman merupakan alter ego dari Peter Benjamin Parker atau hanya dikenal sebagai Peter Parker saja. Ia adalah anak dari Richart dan Mary Parker. Sayangnya kedua orang tua Peter tewas dibunuh oleh salah satu agen Red Skull, Finisher.


Tapi kita tak akan membahas kehidupan Peter Parker lebih dalam lagi. Hal yang kita bahas kali ini adalah para klon dari Peter. Di universe utama yakni Earth-616, ada banyak klon dari Peter. Siapa saja mereka? Yuk baca sampai selesai.

Oh iya, sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel.

1. Kaine Parker

Kaine Parker

Klon yang kemudian dikenal sebagai Kaine adalah upaya pertama Jackal dalam mengkloning Peter Parker. Awalnya, proses kloning sukses, namun dipertengahan jalan menjadi cacat. Kecacatan ini sengaja dibiarkan dan membuat Kaine tidak stabil secara mental.

Pencipta karakter Kaine Parker adalah Terry Kavanagh, Steven Butler dan pertama kali muncul di komik Web of Spider-Man #119, Desember 1994. Ia hadir kembali di Amazing Spider-Man #637, September 2010 sebagai Tarantula dan di Scarlet Spider Vol 2 #2, April 2012 sebagai Scarlet Spider.

2. Spidercide

Spidercide

Spidercide alias Peter Parker adalah klon hasil eksperimen Jackal yang lain. Menariknya Peter KW ini percaya kalau dirinya merupakan sosok yang asli. Namun ketika ia ingin membuktikan kepada Spider-Man, Ben Reilly dan Kaine, tiba-tiba pemograman Jackal di tubuh Spidercide aktif dan membuatnya menjadi monster.


Saat itu Peter KW tewas setelah dilempar truk oleh Kaine. Namun Scrier menghidupkannya kembali. Spidercide kemudian diperalat oleh Jackal, salah satunya adalah mencuri sebuah wadah nanocontagium ribonukleat dari perusahaan riset genetik Genetech. Dia terbunuh ketika jatuh dari Daily Bugle setelah terungkap bahwa Jackal telah menipunya.

3. Guardian

Guardians

Guardian adalah salah satu eksperimen Jackal yang berhasil dalam mengkloning Peter Parker. Dia awalnya terkunci di pod stasis (seperti Jack dan Spidercide) untuk digunakan di kemudian hari dengan tujuan yang belum ditentukan. 

Baca juga:
5 Kematian Spider-Man di Komik yang Paling Dramatis
Inheritors, Klan Pemburu Totem Spider yang Percaya Ramalan 
3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

Jackal alias Miles Warren kemudian melepaskan Guardian untuk menghajar Peter, Kaine, dan Ben. Namun karakter yang diciptakan oleh J.M. DeMatteis, Todd DeZago dan Steven Butler ini tewas di seri Amazing Spider-Man #399, Maret 1995.

4. Jack

Jack

Jack merupakan klon yang juga dibuat Jackal. Karakter ini menderita degenerasi klon dan sebagian pertumbuhannya sehingga membuat Jack menjadi kerdil dan botak. Ia awalnya setia terhadap Jackal meskipun sering dilecehkan.

Jack mengkhianati Jackal untuk Ben Reilly dan memberinya salinan disk. Di dalamnya berisi kalau Ben adalah Peter Parker asli. Jack kemudian tewas setelah Jackal menjentikan jari yang memicu sesuatu pada tubuh Jack dan membuatnya meleleh.

5. Ben Reilly

Ben Reilly

Diciptakan dari DNA Peter Parker oleh Jackal, klon ini dibuat untuk melawan Spider-Man. Kisah kehidupan Ben Reilly sebagai klon Peter cukup rumit. Setelah sadar kalau dirinya hanyalah sebuah klon, ia hidup menyendiri. Ben Reilly kemudian jatuh cinta dengan seorang perempuan bernama Janine Godbe.


Sayangnya identitas perempuan itu palsu dan ia hanyalah seorang buron karena telah membunuh ayak kandungnya usai mengalami penganiayaan. Ben kemudian melanjutkan hidupnya di beberapa tempat seperti Portland dan Italia.

6. Spider-Doppelganger

Spider-Doppelganger

Ia adalah duplikat dari Spider-Man yang jahat dan hampir tidak memiliki pikiran baik. Doppelganger diciptakan oleh Magus selama Infinity War. Karakter berlengan enam ini adalah satu dari banyak makhluk yang diciptakan Magus selama konflik ini.

Awalnya Doppelganger terbunuh saat konflik Infinity War oleh Hobgoblin. Namun ia dihidupkan kembali oleh Demogoblin. Ketika Magus dikalahkan oleh Adam Warlock semua makhluk ciptaannya hancur kecuali Spider-Doppelganger. Hal itu berkat sihir Demogoblin.

Lanjut Baca: 5 Logam Terkuat di Dunia Marvel

Post a Comment

0 Comments