5 Kematian Spider-Man di Komik yang Paling Dramatis

Spider-Man

Di dalam komik superhero seperti Marvel, kematian bukanlah hal yang aneh. Bahkan satu karakter bisa mengalami kematian berkali-kali. Salah satunya adalah superhero populer Spider-Man. Meski memiliki indra laba-laba yang mampu mendeteksi kedatangan bahaya, superhero ini juga bisa tewas.


Misalnya di komik Spider Verse berjudul The Amazing Spider-Man Vol 3. Di sana ada banyak Spider-Man yang tewas dibunuh oleh klan Inheritors (Kamu bisa baca: Inheritors, Klan Pemburu Totem Spider yang Percaya Ramalan).

Tapi kali ini penulis tak akan membahas keseluruhan kematian Spider-Man di dalam komik karena ada banyak. Penulis hanya akan memilih 5 diantaranya yang paling dramatis. Oh iya, sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel.

1. Kematian di tubuh Otto Octavius

Spider-Man

Kisah ini terjadi pada seri komik Amazing Spider-Man #700. Saat itu kisah ini paling kontroversial yang banyak ditentang oleh para pembaca komik Spider-Man. Bahkan di beberapa media online luar mengatakan kalau penulis mendapat ancaman pembunuhan karena membuat cerita tersebut.


Diceritakan kalau Spider-Man sedang bertarung dengan Hobgoblin. Diam-diam Doctor Octopus (yang saat itu sedang sekarat) mengirim alat octobot yang berfungsi menukar pikiran ke tubuh orang lain. Singkat cerita, penukaran itu berhasil dan membuat jiwa Otto ada di dalam tubuh Peter dan sebaliknya.

2. Dibunuh oleh Green Goblin

Spider-Man

Green Goblin adalah salah satu musuh bebuyutan Spider-Man. Nah, di dalam komik The Spectacular Spider-Man #263 kamu akan melihat bagaimana alter-ego Norman Osborn ini membunuh Spider-Man. Saat itu Spider-Man dan Green Goblin melakukan pertarungan sengit di New York.

Sayangnya, kekuatan Goblin jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya. Spider-Man pun sekarat setelah dihantam bom berkali-kali. Selain membunuhnya, Goblin juga membuka jati diri Spider-Man di depan umum. Namun, di dalam komik Peter Parker #98, semua itu ternyata hanyalah mimpi Osborn karena sedang demam (Yah, gak jadi mati deh.. hihihi).

3. Membunuh Morlun lalu tewas

Spider-Man

Kisah ini terjadi di The Other Story. Saat itu salah satu musuh terberat Spider-Man, Morlun muncul. Ia lebih lapar dari sebelumnya dan memburu Spider-Man untuk dimakan. Singkat cerita, Morlun membuat Spider-Man babak belur. Sempat kabur, Peter yang terluka parah dilarikan ke rumah sakit. 

Baca juga:
Superior Spider-Man, Otak Doctor Octopus Tubuh Peter Parker 
3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero 
5 Karakter Marvel yang Diteorikan Muncul di Spider-Man: Far From Home

Sayangnya Morlun datang kembali. Setelah menyerang Mary Jane, Peter tiba-tiba melompat dari tempat tidurnya dan membunuh Morlun, yang bermutasi menjadi monster laba-laba. Dia merobek tenggorokan Morlun, membunuhnya dan mengubahnya menjadi debu. Namun, Peter juga ikut tewas dalam pelukan Mary Jane.

4. Ditusuk oleh Wolverine

Spider-Man

Di komik What If? Vol. 2 #6 ada banyak superhero yang tewas. Musuh utama di dalam komik What If? adalah S'ym yang menemukan Soulsword milik Illyana Rasputina dan menggunakannya untuk bertelepostasi ke Bumi.


Di sana ia membunuh X-Men kecuali Wolverine yang sudah dirasuki oleh pikiran iblis. Para superhero tersisa seperti Spider-Man, Human Toch, Se-Hulk dan beberapa lainnya pun harus bertarung dengan Wolverine. Sayangnya, pentolan X-men itu lebih kuat dan membantai para superhero, termasuk Spider-Man.

5. Tewas dikeroyok para villain

Spider-Man

Di Ultimate Universe, Peter bukanlah satu-satunya yang mendapat kekuatan super setelah digigit laba-laba. Bertahun-tahun setelah kejadian itu adasiswa Miles Morales yang juga menerima gigitannya. Semua berjalan dengan baik hingga ada peristiwa naas menimpa Spider-Man versi Peter.

Ia tertembak ketika menyelamatkan Captain America yang saat itu diincar oleh The Punisher. Meski terluka parah ia ia enggan ke rumah sakit karena takut identitasnya terbongkar dan memilih ke rumah Bibi May. Sayangnya saat itu ia dibuntuti oleh para musuhnya Sandman, Kraven, Electro dan Norman Osborn dan langsung mengeroyok Spider-Man.


Setelah bertarung habis-habisan dan mengalahkan semua musuhnya, Peter akhirnya tewas di pangkuan Mary Jane. Miles menyaksikan pengorbanan Peter dan itu mengilhaminya untuk menjadi pahlawan sebagaimana seharusnya. Peter Parker mungkin sudah mati, tetapi Spider-Man tetap hidup.

Lanjut baca:

6 Kematian Captain America di Komik

Post a Comment

0 Comments