Profil: Beta Ray Bill, Pemilik Asli Stormbreaker

Beta Ray Bill

Pernah dengar sosok Beta Ray Bill? Bagi penggemar Marvel pemula pasti bingung dengan sosok ini. Tapi bagi penggemar senior, Beta Ray Bill adalah karakter populer. Salah satu alasannya adalah Makhluk mirip kuda ini mampu mengangkat senjata Thor yakni Mjolnir.

Bill memulai debut di komik The Mighty Thor #337, bulan November 1983. Karakter ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi kejutan, yakni seorang monster yang ternyata menjadi pahlawan hebat. Bagi yang belum tahu, karakter ini adalah pemilik asli Stormbreaker (di film milik Thor).

Asal usul

Beta Ray Bill

Meski mampu mengangkat palu Mjolnir dan penampilannya sedikit mirip Thor, Beta Ray Bill bukanlah siapa-siapanya Thor. Ia adalah ras alien bernama Korbinite. Ras ini tinggal di Planet Korbin atau The Burning Galaxy.

Suatu ketika rumah bagi ras Korbinite itu dihancurkan oleh villain bernama Surtur (yang juga musuhnya Thor). Karena merasa terlalu lemah, maka ras ini melakukan eksperimen ke Beta Bay Bill sehingga menjadi kuat dan mampu melindungi ras Korbinite.

Pernah adu jotos dengan Thor

Beta Ray Bill

Adu jotos antara Thor dan Bill terjadi saat ia bersama pesawatnya yang bernama Skuttlebutt mampir ke Bumi. Saat itu satelit S.H.I.E.L.D. yang mendeteksi benda asing. Nick Fury kemudian meminta Thor menyelidikinya. Sayang, pesawat Bill menganggap Thor sebagai ancaman.

Mereka kemudian bertarung. Tak disangka dalam pertarungan itu Thor kalah. Dan yang cukup membuat kaget, Bill mampu mengangkat palu Mjolnir. Adu jotos antara Beta Ray Bill dengan Thor kembali terjadi di Skarheim (salah satu wilayah Asgard). Pertarungan hidup mati ini untuk memperebutkan siapa yang paling layak membawa pulang Mjolnir.

Baca juga:

Lagi-lagi Bill menang. Hal itu karena fisiologi Bill di Korbinite memberinya keuntungan di lokasi yang dipenuhi lava. Namun ia menolak membunuh Thor dan mengembalikan Mjolnir ke pemiliknya. Bill kemudian diberikan palu yang hampir sama bernama Stormbreaker.

Kembali melawan Surtur

Beta Ray Bill

Usai diberi palu Stormbreaker, Bill terus melindungi rakyatnya. Ia juga membantu orang Asgardian. Selama itu ia sangat dekat dengan Sif, yang menemaninya berperang melawan Surtur. Bill juga bergabung dengan sesama pemegang palu Thunderstrike, dan Dargo Ktor di Thor Corps.

Untuk waktu singkat, Beta Ray Bill sempat bergabung di kelompok Star Master bersama Silver Surfer. Bill kembali ke Asgard selama Ragnarok. Dia bertarung dengan ganas, rela mati bersama pasukan Asgardian dalam pertempuran terakhir melawan Surtur.

Kemampuan

Beta Ray Bill

1. Kekuatan manusia super, daya tahan, umur panjang, dan kecepatan
2. Kemampuan melalui Stormbreaker:
  • Manipulasi listrik
  • Penerbangan
  • Manipulasi cuaca

Profil

Beta Ray Bill

Nama Asli: Beta Ray Bill
Nama Alias:
  • Beta Ray Thor
  • Simon Walters
Afiliasi:
  • Guardians of the Galaxy
  • Annihilators
  • Omega Flight
  • ally of the Asgardians
  • Thor Corps
  • Star MastersPriaPerempuan
Tinggi: 6'7" ; (Walters) 5'9"
Berat: 218 kg
Pertama Muncul: Thor #337 (November, 1983)
Pencipta: Walter Simonson

Lanjut baca:

Profil: Korg, Manusia Batu Sahabat Hulk di Sakaar

Post a Comment

0 Comments