7 Level Mutan yang Harus Kamu Ketahui

mutan

Di dunia Marvel, proses evolusi pada manusia tidak berhenti begitu saja. Ketika manusia memiliki gen X, maka secara otomatis ia menjadi Homo Superior alias mutan. Keberadaannya tak hanya satu melainkan ada ribuan. Contoh-contoh mutan yang terkenal adalah Jean Grey, Logan, Colussus dan Gambit.

Nah, setiap mutan memiliki level kekuatan berbeda-beda. Ada mutan terkuat, ada juga mutan yang tak memiliki kekuatan. Berikut ini 7 level kekuatan mutan yang wajib kamu ketahui.

Sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel agar bisa mendapatkan informasi menarik lainnya.

1. Epsilon Level

Epsilon level

Kalau menonton film X-Men pasti kamu terkagum-kagum dengan kehebatan yang dimiliki para mutan. Tapi, tak semua mutan keren dengan kekuatan mengagumkan. Beberapa diantaranya bahkan membuat seseorang (pemilik gen x) menjadi lemah dan terlihat aneh.

Mutan level epsilon biasanya memiliki perubahan drastis pada tubuhnya (misal berbentuk ayam). Namun perubahan ini tak berbanding lurus dengan kekuatan yang dimiliki. Bisa saja punya kekuatan super tertentu, namun kekuatannya sangat lemah.

Contoh mutan Epsilon adalah Beak dengan penampilan fisik seperti burung namun kemampuan terbangnya masih terbatas dan Tommy Morlock, rambutnya menjadi warna-warni karena proses mutasi. sementara kemampuannya bisa berubah menjadi tipis.

2. Delta Level

Delta level

Mutan level ini punya kemampuan yang unik. Kenapa? Karena mutan level ini punya kekuatan yang pasif dan terkadang hanya aktif ketika momen tertentu. Dengan kekuatan seperti itu, mutan level delta kurang pas untuk bertarung tapi kekuatannya sangat berguna untuk hal lain.

Sifat kekuatan yang samar itu membuat mutan level delta sulit terdeteksi. Bahkan ada juga yang tidak menyadari kalau ia sebenarnya adalah mutan level delta karena tidak tahu persis kekuatan yang dimemiliki.

Contoh mutan Delta adalah Domino dengan kekuatan keberuntungannya dan Forge dengan kemampuannya menciptakan alat tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu.

3. Gamma Level

Gamma level

Mutan di level gamma cukup diperhitungkan karena memiliki kemampuan untuk bertarung. Hanya saja mutan di level ini memiliki perubahan fisik layaknya level epsilon. Perubahan fisiknya sangat drastis dan permanen.

Karena perubahan fisik yang sangat mencolok itu, banyak mutan level gamma bergabung dengan kominitas Morlock, yakni komunitas mutan yang hidup di terowongan bawah tanah di bawah New York, New Jersey, dan Connecticut.

Baca juga:
5 Logam Terkuat di Dunia Marvel
Ego Stone, Batu Ketujuh dari Infinity Stone
Maestro, Hulk Jahat dari Masa Depan

Contoh mutan level gamma adalah Nightcrawler, ia memiliki kekuatan teleportasi namun punya wujud layaknya setan dengan tubuh biru, ekor dan tiga jari. Contoh lainnya adalah Beast, mutan kuat namun berwujud menyeramkan dan berwarna biru.

4. Beta Level

Beta level

Untuk tingkat kekuatan, mutan di level ini sebenarnya sama seperti level gamma. Hanya saja perubahan fisik yang dimiliki hanya sedikit. Misalnya muncul cakar pada tangan atau mata yang berwarna merah. Jadi sekilas mutan level Beta terlihat seperti manusia.

Ada juga mutan di level ini yang sama sekali tidak mengalami perubahan fisik dan terlihat normal layaknya manusia, namun karena memiliki gen-x ada kelainan yang mereka alami. Misalnya Rogue, yang tidak bisa begitu saja bersentuhan dengan orang.

Contoh mutan level beta adalah Wolverine dengan cakarnya yang mematikan. Kekuatan yang mirip Wolverine juga dimiliki X-23 atau Laura. Kemudian ada Cyclops dengan sinar merah penghancur yang keluar dari matanya.

5. Alpha Level

Alpha level

Mutan di level ini punya kekuatan dengan kehancuran skala global atau ancaman skala dunia. Mereka mampu mengontrol kekuatan dan sangat efektif untuk bertarung. Selain itu, fisik mereka juga juga tak memiliki perubahan layaknya manusia normal.

Beberapa mutan di level ini juga berpotensi untuk naik ke level selanjutnya, contohnya Storm. Dengan kekuatannya itu salah satu anggota X-men tersebut digadang-gadang berpotensi naik level ke tinggat omega.

Contoh mutan level alpa adalah Colussus, meski tubuhnya bisa menjadi besi, Colussus dengan mudah berubah ke wujud manusia. Ada pula Kitty Pryde yang mampu untuk menembus objek solid layaknya hantu. Mutan lainnya yang ada di level alpa adalah Emma Frost, Magik, Magma dan Dazzler.

6. Omega Level

omega level

Jika ada mutan yang masuk level ini maka ia adalah salah satu mutan terkuat. Batas kekuatan mutan level omega sulit terukur, beberapa diantaranya bahkan tak bisa dibunuh dengan mudah. Mutan level ini memiliki kekuatan dahsyat dan mampu memporak porandakan alam.

Beberapa diantara mereka bahkan mampu mengacaukan ruang dan waktu. Oh iya, istilah omega bukan diperuntukan untuk mutan super kuat saja melainkan karakter Marvel yang kekuatannya dahsyat seperti Captain Marvel dan Sentry.

contoh mutan level omega adalah Jean Grey yang menjadi tokoh utama di film X-Men: Dark Phoenix. Sosok David Haller atau Legion juga menjadi contoh lain mutan level omega. Anak dari Profesor-X ini terbilang sangat merepotkan karena punya banyak kepribadian dengan kekuatan berbeda.

7. Zeta Level

Zeta level

Seseorang yang masuk level zeta tidak mendapatkan kekuatannya dari lahir, melainkan faktor luar. Zeta level bahkan tidak disebut mutan meski tubuhnya telah bermutasi dengan kekuatan yang diatas rata-rata.

Namun, meski kemampuannya karena faktor luar seperti terkena sinar Gamma atau digigit laba-laba radioaktif mereka bisa menurunkan DNA mutasinya ke anak mereka. Zeta level punya kekuatan yang tak bisa diremehkan bahkan bisa sebanding dengan level alpha.

Contoh mutan level zeta adalah Peter Parker yang digigit laba-laba radioaktif. Ia memiiki kekuatan layaknya laba-laba. Bruce Banner juga masuk ke level zeta setelah terkena radiasi gamma dan berubah menjadi Hulk.

Nah, itulah beberapa level mutan di dunia komik Marvel. Namun hal yang harus kamu ingat istalah Epsilon hingga Zeta yang disebutkan diatas berasal dari para fans. Marvel sendiri belum secara resmi mengklarifikasi level kekuatan para mutan (kecuali istilah omega).

Lanjut baca:

Ini Urutan Menonton Film MCU Phase 1, 2 dan 3

Post a Comment

0 Comments