5 Logam Terkuat di Dunia Marvel

uru

Masih ingat dengan film Black Panther? Negara asal T'Challa yaitu Wakanda adalah penghasil vibranium terbesar di Bumi. Dalam versi MCU, vibranium ditemukan oleh raja pertama Wakanda, Black Panther Bashenga.

Bagi yang belum tahu vibranium merupakan salah satu logam terkuat di dunia Marvel. Ada banyak senjata terbuat dari vibranium, misalnya tameng Captain America yang ikonik itu.

Tapi vibranium bukanlah satu-satunya logam terkuat. Ada logam lainnya yang tentu tak kalah mengagumkannya. Nah, kali ini penulis akan menunjukan lima logam terkuat di dunia Marvel.


Sebelum itu jangan lupa untuk mengikuti fanspage Facebook Penggemar Marvel agar bisa mendapatkan informasi menarik lainnya.

1. Adamantium

adamantium

Kalau kamu suka nonton film life-action X-Men pasti tahu dengan logam ini. Adamantium adalah logam terkenal lainnya selain Vibranium (bagi orang awam). Ia diciptakan oleh Barry Windsor-Smith dan Syd Shores dan pertama kali muncul di komik Marvel Comics Avengers #66 tahun 1969.

Adamantium bukanlah logam murni, karena merupakan campuran Feruum dan bahan-bahan rahasia lainnya yang kemudian dipanaskan dengan suhu 1500 farenheit. Karena biaya pembuatannya mahal, sangat jarang orang menggunakan logam tersebut sebagai senjata.  

Baca juga:
Umar, Saudara Kembar Dormammu yang Kejam 
Profil: Beta Ray Bill, Pemilik Asli Stormbreaker 
Mengintip Masa Depan MCU dari Avengers: Endgame

Adamantium asli hanya bisa dikalahkan oleh Mjolnir atau kekuatan Thor. Guna menyiasatinya Pemerintah US memilih menggunakan Secondary Adamantium (alias Adamantium KW2, hehehhe) karena harganya jauh lebih murah. Di komik Ultron dibuat menggunakan adamantium bukan vibranium.

2. Gravitonium

gravitonium

Logam jenis ini tak dapat kamu temukan di dalam komik Marvel, karena hanya muncul di MCU atau serial Agent of Shield. Gravitonium sangatlah langka. Saking langkanya kebanyakan orang tidak percaya itu ada.

Gravitonium (Gr) memiliki sifat gravitasi yang unik. Jika dialiri listrik, ia akan sedikit lunak dan mempengaruhi gravitasi di sekitarnya. Kalau liat di marvelcinematicuniverse.fandom.com, Gravitonium jadi incaran Hydra.

Jika gravitonium diinfuskan ke manusia, maka orang tersebut akan memiliki kekuatan gravitasi. Sayangnya, kekuatan itu sebanding dengan dampak buruk yang diterima yakni menjadi gila.

3. Vibranium

vibranium

Vibranium berasal dari meteor raksasa yang jatuh ke Bumi Marvel puluhan juta tahun lalu. Karena bukan logam asli Bumi, vibranium sangat langka. Di komik ia pertama kali muncul pada komik Daredevil #13 tahun 1966 buatan Stan Lee.

Setelah itu vibranium terbagi menjadi dua. Pertama yang biasa disebut Anti-Metal, mampu memotong semua logam buatan manusia (bisa dilihat pada komik Daredevil #13). Anti-Metal hanya ditemukan di Antartika.

Baca juga:
7 Captain Marvel yang Wajib Kamu Kenal 
12 Kelompok Superhero di Dunia Marvel Paling Keren 
3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

Versi kedua yakni vibranium yang kita kenal di MCU. Logam ini cukup unik karena mampu menyerap energi dan gelombang suara secara bersamaan. Di komik vibranium ini muncul pada Fantastic Four #53 tahun 1966, yang juga buatan Stan Lee.

4. Uru

uru

Uru adalah bahan dasar untuk membuat senjata Thor yakni Mjolnir. Ia memiliki karakteristik unik karena menyerupai batu, tetapi juga memiliki sifat logam. Uru mampu menyimpan sebagian besar energi, terutama sihir. Uru adalah logam yang sangat kuat, bahkan mampu menghancurkan adamantium.


Penampilan biji logam uru ada dua macam, pertama berbentuk logam emas (bahan dasar pembuatan Gungnir dan Stormbreaker) dan kedua memiliki kilau seperti besi tempa yang kusam (bahan dasar pembuatan Mjolnir). Ketika Uru tersihir, ia menjadi jauh lebih tahan lama.

5. Carbonadium

Carbonadium

Logam ini diciptakan oleh Otto Octavius. Carbonadium adalah logam radioaktif yang tangguh yang jauh lebih kuat dari baja, tetapi lebih mudah dibentuk dan lebih murah daripada Adamantium.

Karena sifat lunaknya, carbonadium kurang tahan lama alias tak begitu tangguh dibandingkan adamantium, tetapi masih hampir tidak dapat dihancurkan. Logam ini mengandung radioaktif yang luar biasa, bahkan mampu memperlambat faktor penyembuhan Wolverine.

Satu-satunya perangkat yang dapat menghasilkan carbonadium adalah Carbonadium Synthesizer. Ia pertama kali muncul dalam komik X-Men Vol 2 #4 bulan Januari 1992.

Lanjut baca:

8 Anak Kandung James Howlett Alias Wolverine

Post a Comment

0 Comments