Ini Urutan Menonton Film MCU Phase 1, 2 dan 3

MCU

Film Avengers: Endgame menjadi penutup perjalanan Marvel Cinematic Universe (MCU) selama 10 tahun ke belakang. Nantinya kita akan melihat kisah baru lagi dari para superhero Marvel di layar kaca. Beberapa diantaranya adalah wajah lama, tapi tak sedikit juga sosok yang benar-benar baru.

Nah, selama perjalanan 10 tahun itu, MCU memiliki tiga fase yang diawali dengan film Iron Man di tahun 2008. Meski saling terkait, setiap fase memiliki jalan cerita yang berbeda. Meski bukanFase ini kemudian diakhri dengan film Avengers: Endgame yang rilis tanggal 26 April 2019.

Sekadar flashback ke belakang, berikut ini inti cerita fase 1,2 dan 3 serta film-film yang masuk ke dalam setiap fase tersebut.

Fase 1 (Phase One)

Phase one

Fase ini juga disebut Avengers Assembled. Dari tahun 2008 hingga 2012, film-film Fase Satu telah meraup US$ 3,8 miliar di seluruh dunia. Cerita di fase ini lebih kepada perkenalan alam semesta Marvel serta karakter-karakter yang ada di dalamnya seperti Iron Man, Thor, Captain America, Hulk, Black Widow, Hawkeye, Nick Fury serta dua organisasi besar S.H.I.E.L.D. dan HYDRA.

Banyak film di fase satu fokus pada Tesseract, artefak alien yang kemudian didirikan untuk memuat salah satu dari enam Infinity Stone. Film terakhir di fase ini memperlihatkan Loki bersekutu dengan Thanos untuk mencuri Tesseract dan menaklukkan Bumi, yang kemudian mengarah ke pembentukan Avengers.

Film yang masuk ke fase satu yaitu:

Iron Man (2008)

Saat industrialis milik Tony Stark dipaksa membuat baju perang berlapis baja. Kemudian setelah insiden yang mengancam nyawa, ia memutuskan untuk menggunakan teknologi tersebut dalam memberantas kejahatan.

The Incredible Hulk (2008)

Karena percobaan sinar gamma yang salah, Dr. Bruce Banner akhirnya menjadi sosok makhluk hijau besar serta diburu oleh militer. Sementara itu seorang prajurit jahat menggunakan teknologi yang sama untuk menjadi kuat.

Iron Man 2 (2010)

Dengan dunia yang memiliki kehidupan ganda sebagai pengusaha dan pahlawan super, Tony menghadapi tekanan dari pemerintah, pers, dan masyarakat untuk berbagi teknologinya dengan militer. Ia juga harus berurusan dengan seorang jenius Rusia gila yang berniat membunuhnya.

Thor (2011)

Dewa dari Asgardian bernama Thor yang kuat namun sombong diusur dari rumahnya untuk tinggal di antara manusia di Bumi. Di mana ia harus belajar kerendahan hati, dan akhirnya menemukan cinta.

Baca juga:
Punisher, Antihero yang Mampu Membunuh Para Superhero 
Cassandra Nova, Saudara Kembar Charles Xavier yang Penuh Dendam 
Mengenal 5 Karakter di Film The New Mutants

Captain America: The First Avenger (2011)

Setelah dianggap tidak layak untuk dinas militer, Steve Rogers menjadi sukarelawan untuk proyek penelitian rahasia. Hal itu mengubah dirinya menjadi Captain America, seorang pahlawan super yang didedikasikan untuk mempertahankan cita-cita Amerika.

The Avengers (2012)

Ketika keamanan global terancam oleh Loki dan para pengikutnya, Nick Fury dari S.H.I.E.L.D. mengumpulkan tim pahlawan super untuk menyelamatkan dunia dari bencana.

Fase 2 (Phase Two)

Phase two

Fase ini berlangsung dari tahun 2013 hingga 2015. Dari film-film yang masuk ke dalam fase dua, Marvel Studios telah meraup untung sebesar US$ 5,2 miliar, jumlah yang lebih besar dibangdingkan fase pertama. Sementara untuk ceritanya sudah lebih kompleks dan berfokus pada eksploitasi Avengers serta SHIELD pasca-Pertempuran New York.

Selain itu di fase dua ini, Marvel Studios juga memperkenalkan para superhero yang belum muncul di fase satu yakni Falcon, Quicksilver, Scarlet Witch, Vision, Ant-Man dan Guardians of the Galaxy (terdiri dari Star-Lord, Gamora, Drax the Destroyer, Rocket Raccoon and Groot). Fase dua juga lebih jauh dalam memperkenalkan asal usul Infinity Stone.

Film yang masuk ke fase dua yaitu:

Iron Man 3 (2013)

Ketika dunia Tony Stark diacak-acak oleh seorang penjahat tangguh bernama Mandarin, ia harus melakukan sesuatu untuk melawannya.

Thor: The Dark Word (2013)


Saat Jane Foster menjadi target para penghuni  Svartalfheim dengan senjata misterius bernama Aether, Thor memulai upaya untuk melindungi perempuan itu dengan segala cara.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Steve Rogers berjuang untuk beradaptasi di masa depan. Ia kemudian bekerja sama dengan Natasha Romanoff alias Black Widow untuk bertempur melawan musuh yang kuat.

Baca juga:

Guardians of the Galaxy (2014)

Di luar angkasa, Peter Quill, seorang lelaki yang diculik dari Bumi ketika masih anak-anak, bergabung dengan sekelompok orang aneh untuk mengalahkan Ronan, seorang pemimpin sadis alien Kree.

Avengers: Age of Ultron (2015)

Di dunia di mana HYDRA terus mendapatkan kekuasaan dan kontrol, Tony Stark membangun A.I yang canggih untuk melawannya. Sayangnya, robot pintar itu malah berbalik melawan Avengers.

Ant-Man (2015)

Berbekal kemampuannya dan mentor Hank Pym, Scott Lang harus menjadi superhero untuk melindungi rahasia di balik setelan Ant-Man dari seseorang yang memiliki ambisi jahat. 

Fase 3 (Phase Three)

Phase 3

Fase ini adalah penutup dari dua fase sebelumnya dengan jalan cerita setelah perselisihan yang dihasilkan serangan Ultron terhadap Bumi. Di sini opini publik beranggapan kalau kekuatan pahlawan super sudah terbagi menjadi dua.

Di tengah-tengah kekacauan Avengers, sejumlah pahlawan baru diperkenalkan, seperti Doctor Strange, Black Panther, Mantis, Spider-Man, Valkyrie, dan Captain Marvel. Plot Thanos untuk mengumpulkan semua Batu Infinity, yang dimulai dari fase satu akan berakhir di sini.

Film yang masuk ke fase tiga yaitu:

Captain America: Civil War (2016)


Setelah insiden yang melibatkan Avengers, tekanan politik meningkat dan meminta ada pengawasan untuk Avengers. Di sini perbedaan pendapat terjadi. Kubu pertama dipimpin oleh Steve Rogers yang ingin Avengers independen dan kubu kedua dipimpin Tony Stark yang mengikuti tuntutan tersebut.

Doctor Strange (2016)

kisah ahli bedah saraf terkenal di dunia Dr. Stephen Strange yang hidupnya berubah selamanya setelah kecelakaan mobil. Ketika pengobatan tradisional gagal, dia terpaksa mencari penyembuhan, dan berharap di tempat yang tidak mungkin. Namun, di sana ia malah mendapatkan suatu kekuatan sihir.

Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Guardians of the Galaxy Vol. 2 melanjutkan petualangan timnya saat mereka melintasi bagian luar kosmos. The Guardians harus berjuang untuk menjaga satu sama lain ketika mereka mengetahui misteri asal usul Peter Quill.

Spider-Man: Homecoming (2017)

Senang dengan pengalamannya bersama Avengers, Peter kembali ke rumah, di mana ia tinggal bersama Bibi May, tentu dengan pengawasan mentor barunya, Tony Stark. Tapi saat ia memulai rutinitasnya, muncul penjahat baru.

Baca juga:
Di Komik JLA/Avengers, Thor Melawan Superman. Siapa yang Menang? 
Inheritors, Klan Pemburu Totem Spider yang Percaya Ramalan 
Superior Spider-Man, Otak Doctor Octopus Tubuh Peter Parker

Thor: Ragnarok (2017)

Thor dipenjara di sisi lain alam semesta tanpa palu kebanggaannya. Ia kemudian berjuang untuk kembali ke Asgardian. Tapi hal yang harus dihadapi pertama adalah kontes gladiator mematikan melawan sahabatnya sendiri, Hulk.

Black Panther (2018)

Setelah peristiwa Captain America: Civil War ia pulang ke tempat asalnya, Wakanda yang tertutup namun dengan kemajuan teknologi luar biasa. Di saat ia mengatur sedang mengatur negaranya, ada sebuah pemberontakan terjadi.

Avengers: Infinity War (2018)

Sebuah perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kurun waktu 10 tahun. Seluruh hero di MCU hadir melawan kekuatan Thanos dengan Infinity Stone-nya.

Ant-Man and the Wasp (2018)

Setelah Captain America: Civil War, Scott Lang harus membagi waktu antara menjadi superhero dan sang ayah. Kemudian di saat para superhero bertarung melawan Thanos, Ant-Man memiliki misi baru yang membuatnya harus masuk ke Quantum Realm.

Captain Marvel (2019)

Mengambil setting tahun 90an, Captain Marvel memiliki petualangan yang sepenuhnya baru dari periode sebelumnya. Danvers harus berhadapan dengan peperangan galaksi antar dua ras alien.

Avengers: Endgame (2019)

Film ini adalah puncak dari 22 film yang saling berhubungan. Kita akan melihat bagaimana akhir dari penjahat Thanos yang sudah melenyapkan setengah pahlawan superhero. Avengers Endgame juga menjadi penutup ketiga fase MCU dan akan membuka lembaran baru lagi.

Lanjut baca:

7 Captain Marvel yang Wajib Kamu Kenal

Post a Comment

0 Comments