7 Captain Marvel yang Wajib Kamu Kenal

Captain Marvel

Carol Danvers bukanlah satu-satunya karakter yang menyandang gelar Captain Marvel. Hal itu karena karakter perempuan berambut pirang ini baru didapuk menjadi Captain Marvel di tahun 2012. Sebelumnya Carol Danvers memiliki nama alias Ms. Marvel.

Kemunculan pertama Captain Marvel juga bukan berasal dari Marvel Comics. Sebelumnya di tahun 1940 Whiz Comics di bawah penerbit Fawcett Comics menciptakan Captain Marvel. Seiring berjalannya waktu karakter itu dibeli oleh DC Comics dan mengganti namanya menjadi Shazam.

Nah, kali ini penulis akan menunjukan 7 Captain Marvel dari Marvel Comics yang harus kamu ketahui.

Mar-Vell

Mar-Vell

Ia adalah karakter pertama yang menyandang gelar Captain Marvel. Mar-Vell alias Captain Marvel diciptakan oleh Stan Lee dan Gene Colan di Marvel Super-Heroes #12 bulan Desember 1967. Karakter ini adalah bangsa Kree yang ditugaskan memata-matai Bumi Dia mengadopsi identitas seorang ilmuwan yang baru saja meninggal bernama Walter Lawson.

Setelah membantu umat manusia beberapa kali, Mar-Vell dinyatakan bersalah atas pengkhianatan terhadap Kree. Mar-Vell kemudian melarikan diri dengan roket curian, tetapi hilang di angkasa. Mar-Vell di tolong oleh Ronan namun dengan maksud tertentu. Karakter ini tewas karena kanker yang dideritanya. Salah satu sahabat Mar-Vel adalah Starfox, saudara kandung Thanos.

Monica Rambeau

Genis Vell

Karakter kedua yang memiliki nama Captain Marvel adalah Monica Rambeau. Monica diciptakan oleh Roger Stern dan John Romita, Jr di komik The Amazing Spider-Man Annual #16 tahun 1982. Karakter ini adalah seorang letnan  polisi dari New Orleans yang memiliki kekuatan untuk mengubah dirinya menjadi segala bentuk energi.

Baca juga:
Mengenal Eros (Starfox), Saudara Kandung Thanos yang Suka Main Perempuan 
Mengenal Monica Rambeau, Captain Marvel Kulit Hitam yang Suka Mengalah 
Juggernaut, Saudara Tiri Charles Xavier yang Jahat

Captain Marvel versi Monica Rambeau bukanlah karakter sembarangan. Ia bahkan sempat menjadi pemimpin di kelompok Avengers. Dia menyerahkan nama Captain Marvel ke putra Captain Marvel pertama. Rambeau kemudian mengambil nama Photon. Ia mengubah namanya beberapa kali dan kini menjadi Spectrum.

Genis-Vell

Genis Vell

Setelah Monica Rambeau memberikan nama aliasnya ke Genis-Vell, anak dari Mar-Vell ini secara resmi memiliki nama Captain Marvel. Genis-Vell pertama kali muncul di komik Surfer Annual #6 tahun 1993 menggunakan nama alias Legacy. Bagi yang belum tahu, Genis-Vell bukanlah anak hasil biologis.

Diceritakan setelah kematian Mar-Vell, kekasihnya Elysius memutuskan untuk memiliki seorang anak. Ia kemudian  menggunakan teknologi canggih rasnya untuk menghamili dirinya dengan beberapa materi genetik Mar-Vell. Ia mendapatkan nama Captain Marvel dari Monica Rambeau. Sayangnya setelah beberapa waktu, ia mengubah nama aliasnya menjadi Photon, nama yang juga dimiliki Monica Rambeau.

Phyla-Vell

Phyla-Vell

Captain Marvel keempat adalah Phyla-Vell, adik perempuan Genis-Vell. Ia diciptakan oleh Peter David dan Paul Azaceta di Captain Marvel vol. 5 #16 bulan Januari 2004. Diceritakan kalau Phyla lahir saat Genis-Vell menciptakan kembali alam semesta dan membuat ibunya hidup lagi namun dengan seorang anak perempuan.

Baca juga:
3 Model Armor Milik Rescue Versi Pepper Potts 
Sederet Superhero Marvel yang Ternyata Penyuka Sesama Jenis 
3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

Phyla memiliki kekuatan yang luar biasa. Ia dapat terbang, menyerap setiap serangan energi yang diarahkan padanya dan mengembalikannya sebagai ledakan energi. Ia juga memiliki kesadaran cosmic. Dia tewas saat menyelamatkan teman-temannya di Guardians of the Galaxy. 

Khn'nr

Khn'nr

Captain Marvel kelima adalah Khn'nr. Pertama kali muncul di komik Civil War: The Return bulan Maret 2007. Ia merupakan agen Skrull yang menyamar sebagai Mar-Vell. Skrull Khn'nr yang berubah bentuk terikat dengan DNA Mar-Vell untuk mengunci tubuhnya menjad Mar-Vell dan diberikan replika teknologi dari Kree Nega-Bands.

Namun, kondisi mentalnya terganggu, menyebabkan kepribadian Khn'nr terhapus dan membuat kepribadian Mar-Vell dominan. Meski menjadi bagian dari invasi Skrull ke Bumi, Khn'nr memutuskan untuk berperang melawan Skrull yang menyerang.

Noh-Varr

Noh-Varr

Karakter kelima yang menjadi Captain Marvel adalah Noh-Varr. Ia pertama kali muncul di Marvel Boy #1 bulan Agustus 2000. Selain itu ia juga ada di komik Civil War: Young Avengers/Runaways dan New Avengers: Illuminati. Noh-Varr memakan nama Captain Marvel saat bergabung dengan Dark Avengers. Noh-Varr sebenarnya bukan dari Bumi-616. Ia merupakan anggota ras Kree dari Bumi-200080.

Baca juga:
12 Kelompok Superhero di Dunia Marvel Paling Keren 
Howlett (Bumi-12025), Saat Wolverine Ternyata Homoseksual 
6 Game Bertema Marvel yang Bisa Dimainkan di Ponsel

Ia ada di Bumi-616 setelah bertarung dengan tiga Astro-Gods sehingga membuat Noh-Varr dan krunya hilang di Multiverse. Saat itu Ketika mencoba untuk pulang, namun malah muncul di Bumi-616. Kemudian kapal yang ditumpangi  Noh-Vall jatuh oleh Dr. Midas, seorang individu yang terobsesi untuk memperoleh kekuatan super. Celakanya hal itu membuat seluruh penumpang tewas kecuali Noh-Varr.

Carol Danvers

Carol Danvers

Inilah Captain Marvel yang kita kenal sekarang. Seperti Monica Rambeau, Carol awalnya hanyalah manusia biasa. Ia bekerja sebagai perwira di Angkatan Udara Amerika Serikat. Carol Sendiri pertama kali muncul di komik Marvel Super-Heroes #13 bulan Maret 1968. Kemudian ia mendapat kekuatan super setelah DNA-nya menyatu dengan Mar-Vell ketika terdapat ledakan.

Hal itu membuatnya menjadi Ms. Marvel di komik Ms. Marvel #1 bulan Januari 1977. Selain Ms. Marvel, Carol juga sempat memakai nama alias Binary, Warbird dan sekarang Captain Marvel. Penampilan perdananya sebagai Captain Marvel di komik Avenging Spider-Man di bulan September 2012.

 

Lanjut baca:

Mengenal 5 Karakter di Film The New Mutants

Post a Comment

0 Comments