Santa Claus, Mutan Kuat yang Terdeteksi X-Men

Santa Claus

Apa yang kamu pikirkan mendengar kata Santa Claus? Sebagian dari penggemar Marvel mungkin akan langsung tertuju pada pria gemuk berbaju dan bertopi merah dengan janggut putih tebal. Yups, kamu tidak sepenuhnya salah.

Di dunia Marvel tokoh Santa Claus juga digambarkan seperti itu. Bedanya, pria yang memiliki sebutan Father Christmas bukanlah manusia biasa. Diceritakan kalau Santa Claus adalah seorang mutant dengan kekuatan luar biasa.

Kali ini penulis menjelaskan profil Santa Claus versi Marvel.

Sebuah legenda

Santa Claus
Santa Claus
Latar belakang Santa Claus diselimuti legenda. Tidak ada yang tahu pasti asal usul aslinya. Hanya saja ia adalah tokoh legendaris yang datang ke rumah anak-anak berperilaku baik untuk diberikan kado Natal. Santa Claus di dunia Marvel juga memiliki nama lain seperti Saint Nicholas, Kris Kringle dan Father Christmas.

Kemungkinan asal usul

Dr Doom ternyata pernah menggantikan Santa membagikan hadiah
Dr Doom ternyata pernah menggantikan Santa membagikan hadiah
Salah satu teori mengatakan kalau Santa Claus berasal dari seorang pria abad ke-4 bernama Saint Nicholas. Ia dilahirkan di dekat pantai Turki dan menjadi uskup Myra dalam hidupnya. Santa dikenal memiliki cinta yang besar pada anak-anak, sangat baik, dan sangat murah hati.

Kisah paling terkenal tentang uskup Nicholas adalah bagaimana ia secara diam-diam memberikan uang kepada keluarga putri yang ayahnya tidak bisa membayar mahar untuk menikah. Dia melemparkan sekantong uang emas ketika malam melalui cerobong asap. Kebetulan uangnya jatuh ke kaus kaki.

Meski bukan keinginan uskup Nicholas, berita tentang perbuatan baiknya menyebar, dan akhirnya setiap kali ada yang menerima hadiah yang tidak terduga, mereka mulai berterima kasih kepada Nicholas. Namun berdasarkan marvel.wikia.com, ada juga yang mengatakan kalau Santa adalah ayah dari Odin.

Pernah berhadapan dengan Hitler

Santa Claus pernah diculik Adolf Hitler
Santa Claus pernah diculik Adolf Hitler
Pada bulan Desember 1943, diktator Nazi Adolf Hitler menangkap Santa Claus. Tujuan penculikan itu adalah ingin menghancurkan kepercayaan masyarakat Amerika terhadap Santa. Namun presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt mengirim Sgt. Nick Fury, Captain America (Steve Rogers), dan Bucky (James Barnes) untuk menyelamatkannya.

Dideteksi sebagai mutan terkuat

Santa Claus ternyata mutan terkuat
Santa Claus ternyata mutan terkuat
Bertahun-tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 24 Desember yang lain, Celebro, komputer pendeteksi mutan milik X-Men mendeteksi mutan paling kuat yang pernah ada di Rockefeller Center New York. Sayangnya hal itu juga diketahui oleh Brotherhood of Evil Mutants. Ternyata itu adalah Santa Claus.

Penemuan mutan terkuat ini mengakibatkan pertarungan antara Brotherhood of Evil Mutants dan X-Men. Pertarungan ini berakhir setelah Santa Claus menggunakan kekuatannya dengan memisahkan dua kelompok dan menghapus ingatan mereka tentang Santa Claus. Ia juga menurunkan salju pertama yang tidak pernah turuh bertahun-tahun di kota.

Kekuatan Santa Claus di dunia Marvel

Santa Claus punya banyak kekuatan
Santa Claus punya banyak kekuatan
Santa Claus memiliki sejumlah kemampuan magis, termasuk umur panjang, kemampuan untuk menyesuaikan diri saat masuk ke cerobong asap sambil menghindari api di bawahnya. Ia juga bisa mengubah dirinya atau orang lain menjadi benda mati. Santa juga bisa mengubah suatu benda menjadi benda lain, termasuk memperbesar ukuran.

Santa Claus mampu melakukan teleportasi untuk dirinya sendiri dan orang lain. Inilah yang dilakukannya saat X-Men dan Brotherhood of Evil Mutants bertarung. Selain itu ia juga bisa mengendalikan cuaca dengan menurunkan salju. Namun hingga kini, kekuatan penuh Santa belum diungkapkan.

Post a Comment

3 Comments

  1. Baru kali ini tahu jika Santa Claus itu mutant. Tapi, ini versi Marvel sih, jadi gk heran, hehhee.. Penasaran dgn kekuatan sesungguhnya si Santa.

    ReplyDelete
  2. Ada2 aja marvel...
    Klau marvel itu dari arab sih mungkin mutan terkuat itu umar bin khatab...hahaha

    ReplyDelete