Maya Lopez, Perempuan Tuli yang Menjadi Ronin

Maya Lopez

Di Film Avengers: Endgame diketahui kalau Clint Barton telah berubah menjadi Ronin. Karakter yang diperankan oleh Jeremy Renner ini terakhir terlihat saat Civil War. Saat itu, sebagian anggota Avengers ditangkap termasuk Clint Barton.

Tapi, bagi yang belum tahu sebelum Barton, sudah ada satu karakter lagi yang menjadi Ronin. Ia adalah Maya Lopez (Bumi-616) atau sering disebut Echo, seorang perempuan tuli asal Amerika Serikat. Maya sempat diperalat Kingpin alias Wilson Fisk untuk membunuh Daredevil.

Penciptaan Maya Lopez alias Echo

Maya Lopez
Maya Lopez
Karakter ini muncul pertama kali di komik Daredevil Vol. 2 #9 di tahun 1999. Karakter pendukung Daredevil ini diciptakan oleh David Mack dan Joe Quesada. Echo sering digambarkan dengan pakaian serba hitam dan pola tangan putih di wajahnya. Echo sempat terbunuh pada seri Moon Knight tahun 2012. Namun ia dihidupkan kembali di Daredevil Vol 5 #1 yang rilis bulan Agustus 2016. 

Asal usul

Maya Lopez
Maya Lopez
Maya Lopez dilahirkan tidak sempurna. Sejak lahir ia sudah tuli. Ia sangat menyukai musik dan tarian. Bahkan ia mampu  menduplikasi lagu dari resital. Meski memiliki kekurangan fisik, kehidupan Maya terbilang cukup normal. Setidaknya sebelum sang ayah dibunuh oleh Kingpin alias Wilson Fisk.

Sayangnya pembunuhan itu tidak diketaui Maya. Bahkan Fisk yang sudah melihat bakat terpendam Maya sengaja menjadikannya anak asuh. Maya kemudian disekolahkan di sekolah mahal yang membuatnya ahli di bidang artistik.

Kingpin memiliki maksud jahat dalam merawat Maya. Saat cukup dewasa, villain berkepala botak itu meyakinkan Maya kalau Daredevil adalah pembunuh ayahnya. Tentunya dengan menunjukan bukti-bukti palsu. Maya yang menciptakan identitas Echo (berdasarkan kemampuannya untuk menyalin gerakan yang dilihatnya) kemudian memburu Daredevil.

Daredevil alias Matthew Murdock bingung kenapa ia tiba-tiba diserang. Setelah Matt menjelaskan tentang peristiwa yang sebenarnya, Maya yang saat itu sudah memiliki nama Echo marah dan berbalik menyerang Kingpin.

Dia kemudian meninggalkan New York dan bertemu Wolverine selama perjalanan. Pentolan X-Men ini membantu dalam mencari tujuan hidup Echo. Suatu ketika ia kembali ke New York untuk berdamai dengan Daredevil.

Ronin dan New Avengers

Maya Lopez
Maya Lopez
Maya bergabung dengan New Avengers setelah direkomendasikan oleh Daredevil ke Captain America. Di sana ia sudah mengambil identitas seorang ninja bernama Ronin. Salah satu misi pertama Maya adalah memberantas musuh Hand dan Hydra di Jepang.

Ia mencoba menyusup ke sebuah benteng. Sayangnya, hal itu diketahui oleh para penjaga dan membuatnya dikejar banyak ninja anak buah Hand. Maya menghormati pesan Captain untuk tidak membunuh, meski pada akhirnya Maya tidak memiliki pilihan lain. Dalam penyelidikan itu ia menemukan desas-desus kalau Elektra adalah pemimpin Hand.

Terbunuh dan kembali hidup

Maya Lopez
Maya Lopez
Maya alias Ronin sempat tidak terdengar lagi semenjak Superhuman Registration Act atau biasa disebut SRA, Peraturan yang muncul akibat Civil War. Ia kemudian muncul kembali dalam pertarungan dengan Elektra yang ternyata benar ia adalah pemimpin Hand. Sayangnya saat itu Maya terbunuh.

Maya kemudian dihidupkan kembali oleh Elektra dan Hand dengan sihir gelap mereka. Ia juga diberi ramuan-ramuan khusus untuk membuatnya selalu patuh dengan Elektra. Beruntung, Luke Cake bersama New Avengers mampu menyelamatkan Maya. Awalnya, Maya masih terpengaruh dengan ramuan Elektra tapi Iron Fist dan Doctor Strange berhasil menghilangkan efek dari ramuan itu.

Ia kemudian balas dendam dan memburu Elektra. Dalam pertarungan selanjutnya Elektra berhasil dibunuh. Namun hal yang aneh, sosok Elektra berubah menjadi bangsa Skrull yang menyamar. (Baca komik seri Illuminati) Sementara Hand selamat karena berhasil melarikan diri.

Kekuatan

  • Mampu menduplikasikan gerakan lawan
  • Bisa berbicara dalam berbagai bahasa
  • Penembak jitu
  • Ahli menggunakan senjata pedang
  • Atlet tingkat Olimpiade
  • Ahli beladiri

Post a Comment

0 Comments