Namor, Antihero Senior di Dunia Marvel


Antihero secara definisi adalah tokoh protagonis yang ada di dalam sebuah narasi fiktif yang tidak memiliki sifat heroik. Sangat jarang antihero melakukan hal benar untuk tujuan kebaikan bersama tanpa mementingkan egonya.

Nah, di Marvel kita tak akan kehabisan sosok antihero seperti Domino, Venom, Magneto, The Hulk, The Punisher, dan Deadpool. Namun dari semua itu, Namor, The Sub-Mariner sepertinya memiliki derajat paling tinggi diantara antihero lainnya.

Selain menjadi karakter pertama yang Marvel pernah buat, Namor kerap menjadi anggota dari kelompok-kelompok superhero. Termasuk Illuminati, sebuah kelompok rahasia yang terdiri dari Mister Fantastic, Iron Man, Profesor X, Doctor Strange, Black Bolt, dan Namor. Mereka bertemu secara rahasia selama beberapa tahun berbagi informasi dan strategi.

Nah, kali ini penulis akan sedikit berbagi informasi tentang siapa sebenarnya Namor, The Sub-Mariner. Yuks, langsung aja baca sampai kelar.

Asal usul



Namor pertama kali muncul pada bulan April 1939 dalam prototipe untuk komik giveaway yang direncanakan berjudul Motion Picture Funnies Weekly, diproduksi oleh pembuat buku komik Funnies Inc.  Ketika ide giveaway gagal, penciptanya Bill Everett menggunakan karakter tersebut untuk Marvel Comics # 1.

Dia adalah Raja Atlantis, putra dari seorang nelayan dan puteri Atlantis. Cerita ini cukup mirip dengan Aquaman dari DC Comic yang menjelaskan Arthur Curry alias Aquaman adalah anak dari Tom Curry seorang penjaga mercusuar dan putri Atlantis bernama Atlanna.

Baca juga: Analisis Tentang kemunculan Superhero Spectrum di Film Captain Marvel
Baca juga: 3 Antihero yang Berhasil Membunuh Para Superhero

Perbedaannya adalah ayah Namor dibunuh oleh tentara Atlantis dan membawa ibunya yang sedang mengandung ke negeri asal. Kemudian Namor lahir dan dibesarkan sebagai pangeran. Setelah cukup besar ia bergabung dengan para tentara Altantis untuk menjaga negerinya dari serangan Nazi U-Boats.

Antihero senior yang hadir saat Perang Dunia II



Namor dikirim ke New York setelah melihat penyelam di dekat Atlantis. Kemudian terungkap kalau penyelam itu adalah tentara NAZI. Kemudian ia berjuang bersama kelompok superhero bernama Invaders yang terdiri dari Captain America, Bucky, dan Human Torch android.

Dalam penampilan pertamanya Namor adalah musuh Amerika Serikat. Sejarawan komik, Les Daniels mencatat bahwa Namor merupakan makhluk aneh yang kerap membuat kekacauan. Namun hal itu terjadi karena Namor merasa ada ketidakadilan. Tapi penggemar tetap senang dengan sikap Namor.

Namor membintangi buku komik Golden Age, Sub-Mariner Comics, diterbitkan setiap tiga bulan, lalu tiga kali per tahun, dan akhirnya dua bulan sekali, dari edisi # 1–32 (Musim Gugur 1941 - Juni 1949). Namor menghilang beberapa tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II yang diiringi penurunan popularitas komik superhero.

Kembalinya Namor



Namor muncul lagi di Fantastic Four # 4 (Mei 1962), di mana anggota tim superhero, Johnny Storm alias Human Torch menemukan dia hidup sebagai seorang pria tunawisma di Manhattan bagian Bowery. Saat itu Namor telah hilang ingatan.

Badai perlahan membantu Namor memulihkan ingatannya. Kemudian ia segera kembali ke kerajaan bawah lautnya. Sayangnya ia melihat fakta sebagian Atlantis hancur akibat uji coba nuklir. Di masa-masa tersebut ia kembali menjadi antihero karena dua sebab, ingin membalas dendam kepada makhluk daratan dan pencarian identitas.

Ikut dalam berbagai event di komik



Sangat wajar kalau karakter Namor, The Sub-Mariner yang sangat senior membuatnya banyak terlibat dalam berbagai event meski beberapa diantaranya hanya cameo seperti House of M, Ketika Scarlet Witch mengubah realitas.

Event-event yang pernah ia ikuti seperti House of M, Civil War, Dark Reign, Curse of the Mutants dan Avengers vs X-Men. Selain itu Namor juga tergabung dengan beberapa kelompok superhero yakni X-Men (Red Team), Defenders of the Deep, Invaders, Atlantean Army Atlantis, Illuminati, X-Men, Extinction Team, Phoenix Five, Defenders, Osborn's X-Men dan lain sebagainya.

Kekuatan

  • Adaptasi air
  • tenaga, kecepatan, kelincahan dan refleks manusia super
  • Kekebalan ringan
  • Penerbangan melalui sayap kecil di pergelangan kakinya
  • Umur panjang
      Dahulu:
  • Kontrol telepati atas makhluk laut
  • Kemampuan untuk menyalin kekuatan makhluk laut

Post a Comment

0 Comments