Penggemar Marvel


Berbicara mengenai penjahat super (Supervillain) dalam Marvel Universe tidak ada habisnya. Ada banyak penjahat yang bahkan dengan kekuatannya bisa membuat kalang kabut para superhero. Misalnya Thanos dengan Infinity Stone-nya atau Akhenaten, firaun jahat yang sempat membunuh hampir seluruh pahlawan.

Nah, kali ini kita akan membahas villain bernama M.O.D.O.K., sebuah karakter berpenampilan aneh namun punya kekuatan unik. Ia bahkan mampu melihat masa depan dengan membaca data. Musuh yang sudah muncul lebih dari empat dekade tersebut mampu membuat Captain America dan kawan-kawannya kewalahan. Penasaran dengan kekuatannya? Mari kita simak.

Asal-usul



Awalnya, M.O.D.O.K. hanyalah manusia biasa bernama George Tarleton. Ia hanya seorang teknisi biasa yang bekerja pada A.I.M (Advanced Idea of Mechanics). Kemudian ia menemukan takdirnya berubah setelah dipilih secara acak oleh bosnya, The Scientist Supreme of A.I.M, yang ingin memecahkan misteri Cosmic Cube.

The Scientist Supreme of A.I.M membutuhkan pakar bioteknologi “Komputer Hidup” yang unik dan cerdas agar bisa memecahkan misteri tersebut. Tarleton menjadi orang terpilih yang digunakan untuk eksperimen mengerikan itu.

Eksperimen tersebut membuat Tarleton memiliki kepala besar dengan kecerdasan super (superhuman intelligence), dan psionic powers yang luar biasa. Ia lalu diberikan code-name M.O.D.O.C. (Mobile Organism Designed Only for Computing).

Namun proses eksperimen itu membuat Tarleton menjadi gila. Ia kehilangan akal sehatnya dan menggunakan kekuatannya untuk membantai seluruh ilmuan A.I.M. Tarleton juga menyatakan dirinya adalah Scientist Supreme. Setelah itu ia mengubah namanya menjadi M.O.D.O.K, dengan huruf “K” dari kata “Killing”.

Konflik dengan Captain America



Ketika George menjadi sosok M.O.D.O.K., Captain America sedang menyusup ke dalam A.I.M untuk menyelamatkan agen SHIELD bernama Sharon Carter. Hal itu membuat M.O.D.O.K. menjadi marah dan terlibat konflik dengan Captain America.

M.O.D.O.K. pun akhirnya menjadi terobsesi dengan kekuatan super yang dimiliki Steve Roger alias Captain America. Ia selalu mencoba mencuri DNA Steve agar bisa membuat serum super yang sama. Setidaknya konflik terjadi dalam tiga kesempatan. M.O.D.O.K. juga pernah melawan Doctor Doom, Namor dan Hulk.

Villain dengan kepintaran luar biasa



Sebagai M.O.D.O.K., George Tarleton mengalami mutasi genetik dengan sistem komputer M.O.D.O.C., sehingga dirinya memiliki kecerdasan super. Kemampuan tersebut membuat diri Tarleton mampu menciptakan alat-alat canggih.

Namun, efek kecerdasan super tersebut membuat komposisi otaknya membesar dan menyebabkan kepalanya lebih besar daripada tubuhnya. Untuk beraktifitas, M.O.D.O.K. menciptakan kursi exoskleton yang bernama hoverchair.

Kursi ini bisa melayang dan mampu untuk berjalan di segala medan. Perangkat tersebut juga dilengkapi dengan persenjataan seperti rudal dan laser sehingga ia juga dapat menyerang lawan-lawannya.

Kekuatan Super

  • Mengubah badannya menjadi data dan masuk ke email
  • Kecerdasan yang bisa memprediksi gerakan
  • Memiliki kekuatan psionic
  • Membuat senjata kosmik
  • Membaca masa depan berdasarkan data yang ada

0 Comments