Ini Perbedaan Mendasar Inhumans dan Mutant



Mutant dan inhumans, bagi penggemar senior komik Marvel tentunya sudah paham. Tapi bagi orang yang baru menggilai dunia Marvel alias orang awam, dua spesies tersebut agak membingungkan. Apalagi mutant dan inhumans sama-sama memiliki wujud yang sama yakni humanoid.

Seperti hal yang manusia biasa, mutant dan inhumans sama-sama memiliki genus Homo. Mutant merupakan Homo superior sementara inhumans adalah Homo inhumanus. Dari sana saja kita harusnya sudah mengetahui perbedaan antara Mutant dengan Inhuman.

Berikut ini perbedaan mutant dan inhumans yang wajib diketahui oleh para penggemar Marvel.

Asal usul

Inhumans


Jutaan tahun lalu terdapat perang antara bangsa Kree dan Bangsa Skrull. Saat itu Kree membuat pangkalan militer di Uranus. Menurut mereka planet tersebut sangat strategis karena dekat dengan kerajaan Skrull. Setelah itu bangsa Kree menemukan makhluk planet yang memiliki makhluk hidup yakni Bumi.

Mereka akhirnya membuat kelinci percobaan terhadap manusia primitif. Niatnya adalah menjadikan senjata untuk melawan bangsa Skrull. Saat hampir berhasil mereka meninggalkan hasil eksperimen tersebut tanpa alasan. Hasil eksperimen tersebut kemudian beranak pinak yang kini disebut inhumans.

Mutant


Berbeda dengan inhumans, mutant tak diciptakan dengan sengaja. Mutant sebenarnya hanyalah manusia yang bermutasi yang disebabkan oleh X-Gen atau DNA Mutan. Menurut intelegen tinggi Kree, semua ras manusia memiliki potensi untuk mencapai proses evolusi mutan.

Karena mutant sebenarnya manusi maka mereka tak bisa dilepaskan dari proses terbentuknya Homo sapiens. Dalam versi Marvel, manusia diciptakan oleh Celestials, ras alien yang dijuluki Space Gods, karena dianggap bertanggung jawab atas evolusi peradaban di alam semesta.

Pemicu kekuatan

Inhumans


Genetika spesies inhumans diwariskan secara turun temurun. Sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi inhumans. Selain itu belum tentu pula orang yang memiliki gen inhumans sadar kalau ia adalah spesies berbeda. Pasalnya, kekuatan inhumans harus dipancing dengan Terrigen Mist, sebuah kabut dari kristal milik bangsa Kree.

Kabut ini memiliki efek positif bagi inhumans. Kadang kabut itu muncul sendiri di tempat tinggal para inhumans, Attilan. Namun mereka bisa menjadi manusia biasa jika lama tidak terkena terrigen. Tak heran kalau jumlah inhumans lebih sedikit dibandingkan mutant.

Mutant


Seperti penjelasan sebelumnya, mutant sebenarnya hanya manusia yang bermutasi. Sehingga siapa saja bisa menjadi mutant meskipun tidak memiliki garis keturunan asalnya memiliki X-Gen. Berbeda dengan inhumans yang harus dipancing terlebih dahulu, kekuatan mutant sudah bisa terlihat saat lahir atau ketika pubertas.

Jika inhumans bisa menjadi manusia biasa lagi, maka seorang mutant akan tetap menjadi Homo superior hingga akhir hayat. Namun dalam beberapa kasus kekuatan mutan juga bisa hilang, misalnya di event House of M. Mutant juga sangat lemah jika terpapar terrigen, sumber kekuatan inhumans. Mereka bisa kehilangan kekuatan atau bahkan mati. Terrigen pula yang menjadi awal mula konflik di komik Inhumans vs X-Men.

Post a Comment

0 Comments