Mengenal Galactus, Karakter di Dunia Marvel Pemakan Planet


Dalam dunia komik Marvel Galactus adalah sosok yang sangat kuat. Ia hidup dengan menyerap energi kehidupan sebuah planet. Galactus memiliki kekuatan kosmik yang tidak terbatas selain itu ia juga bisa mengubah ukuran benda dan struktur molekul, menciptakan portal antar dimensi, telepati hingga telekinesis.

Pertanyaannya siapakah Galactus? Kenapa ia bisa sekuat itu?
Pada awalnya Galactus hanyalah seorang penjelajah ruang angkasa bernama Galan asal planet Taa. Ia hidup dimasa sebelum universe sekarang. Diceritakan kalau kehidupan di Planet Taa sangat maju. Namun saat Galan hidup, alam semestanya sedang diambang kehancuran karena Big Crunch kebalikannya Big Bang.

Galan kemudian dikirim ke ke luar angkasa untuk mencari cara agar Planet Taa selamat. Sayangnya usaha Galan tidak berhasil. Ketika dipenghujung kehancuran Galan memilih mati dengan cara pemberani. Ia bersama sejumlah orang menerbangkan pesawat ke pusat universe bernama Cosmic Egg (dilansir dari marvel.wikia.com). Ledakan di pusat universe membunuh semuanya kecuali Galan.

Anehnya Galan menemukan dirinya dengan kekuatan baru. Disaat yang sama alam semesta tempat Galan hidup berada pada masa achir, Phoenix Forces mengumpulkan emosi positif dari seluruh makhluk agar tidak mendapat hukuman kekal. Karena Phoenix Force juga Galan bergabung dengan Sentience of Universe (alam semesta sebelumnya yang setara dengan keabadian) di dalam Cosmic Egg.


Bergabungnya Galan dengan Sentience of Universe membuatnya berevolusi menjadi makhluk bernama Galactus. Saat Cosmic Egg melakukan Big Bang dan menciptakan alam semesta baru. Galactus yang baru lahir terhempas keluar bersama pesawat ruang angkasanya. Ia kemudian melayang-layang selama jutaan tahun. Bersamaan dengan itu terjadi evolusi di berbagai planet sehingga memunculkan kehidupan.

Galactus yang belum sadarkan diri ditemukan oleh Ecce, seorang The Watcher, spesies tertua di alam semesta dengan kekuatan memanipulasi energi. Pesawat milik Galactus kemudian dibawa ke planetnya untuk dipelajari. Namun, Ecce menemukan sesuatu yang berbahaya pada Galactus dan memilih untuk tidak ikut campur karena sumpah para Wacther. Ia kemudian melepaskan Galactus beserta pesawatnya.


Galactus yang baru tersadar menggunakan tenaganya yang terbatas untuk membuat baju zirah. Ia kemudian mengubah pesawatnya seperti ruang inkubasi. Di sana ia kembali berevolusi ke bentuk baru. Setelah ribuan tahun kapal Galactus berada di orbit Planet Archeopia.

Pada awalnya penghuni Archeophia tak mengganggu Galactus. Namun setelah beberapa tahun sebuah kapal perampok mendekat dan mengira kalau kapal milik Galactus adalah senjata. Galactus yang sudah sadar kemudian menyerang kapal tersebut.

Rasa lapar membuat Galactus mengubah perhatiannya ke planet Archeopia. Kemudian energi kehidupan di planet tersebut dimakan oleh Galactus. Hanya sedikit warga bangsa Archeopia yang selamat menggunakan pesawat luar angkasa. Semenjak saat itu  Galactus menjelajah luar angkasa dengan kapal bernama Taa II dan memakan planet tak berpenghuni (Archeophia pengecualian).


Namun seiring berjalannya waktu ia tetap harus memakan planet berpenghuni jika tidak bisa menemukan energi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidupnya. Hingga suatu ketika Galactus berencana memakan Planet Zenn-La. Namun seorang penghuni planet bernama Norrin Radd membujuk Galactus agar tak memakan planetnya.

Imbalannya, Norrin mengajukan diri sebagai pemberi informasi dan mencari planet tak berpenghuni untuk dikonsumsi Galactus atau disebut Herald. Singkat cerita Galactus setuju dan memberikan sebagian energi kosmiknya ke Norrin. Ia kemudian berubah menjadi Silver Surfer.

Selain Silver Surfer, yang pernah menjadi Herald adalah Firelord, Nova (Frankie Raye), Human Torch, dan Terrax. Di dalam animasi, Iron Man bahkan pernah membantu mencarikan planet untuk dimakan Galactus. Armor Iron Man diberi energi kosmik seperti halnya Silver Surfer. Tony Stark rela menjadi pesuruh Galactus agar Bumi tidak dimakan.


Galactus pernah mencoba memakan energi Bumi, namun niat tersebut berhasil dihalau karena ancaman Fantastic Four yang akan menggunakan senjata bernama Ultimate Nullifier. Senjata ini mampu menghancurkan alam semesta termasuk Galactus.

Sosok Galactus belum pernah diangkat secara keseluruhan di dalam film. Ia pernah hadir di film Fantastic Four 2: Rise of the Surfer, tapi wujud Galactus tidak benar-benar terlihat di sana.

Sumber: marvel.wikia.com, Kaskus, Facebook Marvel Universe Indonesia

Posting Komentar

1 Komentar